Bangunan Rumah Tinggal Klasik 1 Lantai + Foto


Bangunan Klasik 1 LantaiSecara umum, kebanyakan desain bangunan bergaya klasik diterapkan pada bangunan yang bertingkat 2 lantai atau lebih, baik untuk rumah tinggal, gedung maupun tempat ibadah karena akan lebih terlihat kokoh dan megah. Seperti contoh bangunan rumah tinggal maupun gedung bergaya klasik gothic yang terdapat dan tersebar di Eropa seperti negara Italia, Spanyol, Perancis maupun Yunani. Di Indonesia banyak sekali bangunan bergaya klasik kolonial peninggalan Belanda yang tinggi dan bertingkat seperti Gedung Sate Bandung, kota tua Semarang, kota tua Jakarta dan banyak lagi.

Bangunan Klasik 1 LantaiNamun begitu, tidak sedikit pula yang menerapkan konsep bangunan bergaya klasik untuk bangunan 1 ( satu ) lantai terutama untuk bangunan rumah tinggal. Saat ini banyak pengembang maupun kontraktor yang membangun dan menjual rumah tinggal 1 ( satu ) lantai bergaya klasik. Dibutuhkan konsep yang matang dan kreativitas untuk menerapkan bangunan bergaya klasik pada rumah tinggal 1 (satu ) lantai. Luas lahan dan luas bangunan sedikit berpengaruh dalam menerapkan konsep desain bangunan bergaya klasik pada rumah tinggal lantai 1 (satu ). Akan lebih maksimal dalam menerapkan konsep apabila bangunan rumah tinggal 1 ( satu ) lantai memiliki luas yang lapang dan ketinggian dinding yang juga maksimal. Faktor utama dalam menerapkan konsep desain bangunan bergaya klasik pada rumah tinggal 1 ( satu ) lantai adalah pemilihan ornament ukir, pilar, listplang dan architrave berbahan GRC serta penyelesaian akhir atau pengecatan, karena sangat menentukan indah tidaknya bangunan tersebut.

Bangunan Klasik 1 LantaiBangunan klasik mempunyai ciri khas berupa adanya pilar pilar bermahkota ukir, baik itu pilar bulat maupun kotak yang terdapat diluar atau didalam ruangan yang berbahan GRC.Untuk luar, teras yang memiliki joglo atau balkon merupakan yang paling utama untuk penempatan pilar bulat yang juga berfungsi sebagai penopang listplang utama joglo atau balkon. Dan agar bangunan lebih berkesan kokoh dan megah, pada dinding luar, di sudut maupun ditengah ditempatkan pilar kotak yang menempel pada dinding. Pilar kotak juga bisa ditempatkan pada sudut dinding bagian dalam ruangan luas. Untuk pilar bulat diameter dan ketinggian disesuaikan dengan bentuk, besar kecil dan tinggi rendahnya bangunan. Semakin tinggi bangunan, keberadaan pilar akan semakin menonjol dan kokoh. Pilar bulat juga ada yang model kerucut yang mengecil di bagaian atas. Bangunan klasik juga identik dengan adanya listplang berornament korbel maupun list ukir baik besar maupun kecil yang saling menumpuk tapi tidak mengurangi kesan seni yang ditampilkan. Architrave atau frame pintu dan jendela merupakan bagian yang juga tidak ketinggalan pada konsep desain bangunan bergaya klasik, karena untuk menunjang agar kesan klasik saling terhubung.

KubahKubah yang pada umumnya terdapat pada bangunan bergaya klasik yang tinggi dan bertingkat  seperti yang terdapat pada Gereja Vatikan di Kota Roma, Italia atau Gedung Parlemen di Amerika juga bisa di aplikasikan pada rumah tinggal 1 ( satu ) lantai yang disesuaikan dengan luas dan ketinggian bangunan rumah tinggal 1 ( satu )  tersebut. Penambahan kubah tersebut semakin memperkokoh kesan megah, mewah dan elegan pada bangunan rumah tinggal bergaya klasik.  Ornament berbahan GRC pada badan kubah dan ornament untuk penangkal petir memberikan nilai lebih dalam konsep desain bangunan bergaya klasik 1 ( satu ) lantai.

Bangunan Klasik 1 LantaiBiasanya pengecatan wash pada bangunan bergaya klasik selalu mengutamakan pewarnaan pada setiap detail ornament ukir agar lebih kelihatan lebih artistik dan “hidup”. Banyak contoh pilhan warna untuk penyelesaian akhir bangunan bergaya klasik seperti perbaduan warna coklat susu, coklat tua, krem sedikit kombinasi warna hijau, merah maupun biru dengan sentuhan warna emas dan perak. Namun dengan ide dan kreativitas berdasar konsep desain dan bentuk bangunan klasik, sistem pewarnaan pengecatan wash tersebut bisa  “dihilangkan” dan diganti dengan pengecatan polos seperti hanya coklat muda saja, krem maupun putih dan putih tulang untuk seluruh bagian bangunan, baik luar maupun dalam.

Secara garis besar konsep desain bangunan bergaya klasik juga sangat cocok diterapkan pada bangunan yang hanya memiliki 1 ( satu ) lantai. Dan yang terpenting bisa memberikan nilai seni pada bangunan tersebut dan juga memberikan rasa nyaman bagi penghuninya.

Bangunan bergaya klasik merupakan bangunan yang memiliki nilai seni  tinggi yang tidak akan “mati” sampai akhir zaman dan hanya pribadi yang juga berjiwa seni yang menerapkan konsep bangunan bergaya klasik pada tempat tinggalnya.

 

BERIKUT BEBERAPA FOTO TERBARU SETIA CLASIC DECORATION HASIL PEKERJAAN BANGUNAN RUMAH TINGGAL KLASIK 1 LANTAI  :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s