Architrave Sebagai Simbol Keindahan Arsitektur Klasik


A (22)Secara umum arti architrave adalah suatu bentuk profil atau ornamen yang berupa batangan untuk membingkai kusen pintu dan jendela bangunan seperti layaknya pigura yang membingkai sebuah foto. Architrave merupakan bagian aksesoris untuk mendekorasi tampilan suatu bangunan. Fungsi utama architrave adalah untuk mempercantik  tampilan kusen, dan secara keseluruhan, tampilan dan bentuk bangunan terlihat lebih menarik. Untuk rumah tinggal, pemasangan architrave bisa dilakukan pada sisi kusen bagian luar maupun sisi bagian dalam dan juga digunakan untuk kusen interior penghubung antar ruang seperti kusen pintu kamar, pintu dapur dan pintu penghubung ruangan yang lain. Sebagai aksesoris, pemakaian architrave akan menambah daya tarik tersendiri bagi tampilan bangunan baik itu bangunan berarsitektur klasik maupun minimalis.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan architrave dan banyak ditemui di pasaran adalah bahan dari kayu dan GRC ( Glassfibre Reinforced Cement ) yang cara pemasanganya ditempel pada dinding dengan perekat memakai lem atau dengan skrup. Architrave berbahan kayu biasa digunakan pada bangunan berarsitektur  minimalis,dan biasanya memiliki bentuk profil yang polos. Architrave berbahan GRC memiliki bentuk profil, motif dan corak yang bermacam – macam, mulai dari architrave polos yang memiliki alur hingga architrave yang bermotifkan atau bercorak ukir yang biasa digunakan pada bangunan berarsitektur klasik dan juga pada bangunan bergaya minimalis.

Dalam perkembanganya, architrave tidak hanya sebatas untuk membingkai atau mempercantik tampilan kusen saja, namun architrave bisa juga digunakan untuk memperindah tampilan dinding eksterior maupun interior suatu bangunan. Untuk dinding eksterior, pemasangan architrave sebagai aksesoris tambahan untuk penyeimbang aksesoris bangunan yang lain agar tampilan tampak bangunan lebih selaras dan serasi. Di bagian dalam ruangan atau interior rumah tinggal, pemasangan architrave bisa dilakukan pada dinding ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur atau bisa juga pada dinding ruang makan sesuai dengan kebutuhan atau desain dekorasi ruangan. Architrave bisa berfungsi sebagai bingkai dengan ukuran lebih besar yang membingkai sebuah pigura yang berisi foto, lukisan, piagam maupun kaligrafi dan pigura tersebut diletakan didalam architrave. Jadi seperti bingkai di dalam bingkai.

Architrave Untuk Arsitektur Klasik

A (24)Bagi bangunan rumah tinggal yang memiliki arsitektur klasik, kebutuhan akan pemakaian architrave merupakan hal sangat diperlukan, karena sudah menjadi ciri khas . Bisa dipastikan setiap bangunan rumah tinggal yang berarsitektur klasik akan menerapkan pemakaian architrave dalam setiap konsep atau desainnya. Pemakaian architrave pada bangunan rumah tinggal bergaya klasik sangat berpengaruh dari segi keindahan dan estetika yang keberadaanya akan semakin memperkuat kesan klasik yang lebih artistik pada tampilan. Bahan yang digunakan untuk architrave bangunan rumah tinggal yang bergaya klasik adalah architrave berbahan GRC yang mengoptimalkan bentuk profil, motif dan corak yang berukir.

Pada umumnya eksterior bangunan rumah tinggal berarsitektur klasik, desain architrave GRC pada kusen disertai dengan penambahan aksesoris bangunan yang juga berbahan GRC, seperti listplang untuk kanopi yang berukuran kecil, ornamen berbentuk korbel, ornamen berukir atau ornamen – ornamen lain yang memiliki keunikan. Tidak jauh berbeda dengan architrave untuk eksterior, architrave untuk interior pun juga menggunakan bahan dari GRC yang berukir untuk membingkai kusen pintu maupun dinding dengan penambahan ornamen berukir agar tampilan ruangan semakin artistik yang bernilai seni. Untuk architrave pada dinding, dapat diberi ornamen berupa motif ukir, patung kecil atau bisa juga diletakkan lampu jenis tempel didalam architrave.

Pemakaian architrave pada dinding ruangan rumah tinggal berarsitektur klasik bertujuan untuk penyeimbang dan penghubung agar kesan klasik dapat menyatu antara tampilan eksterior dan tampilan interior. Secara garis besar pemakaian desain architrave pada bangunan rumah tinggal berarsitektur klasik sebagai gabungan dari simbol keindahan dan kemewahan.

BERIKUT BEBERAPA FOTO ARCHITRAVE RUMAH TINGGAL KLASIK :

Iklan

One comment on “Architrave Sebagai Simbol Keindahan Arsitektur Klasik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s