Keindahan Kubah Sebagai Simbol Kemegahan Bangunan


Ornament Kubah ClassicKubah merupakan bagian dari desain arsitektur yang terletak diatas sebuah bangunan dan bisa berfungsi sebagai atap. Kubah berbentuk bulat, ada yang bulat mengerucut dan bulat pepat seperti potongan bola. Pemakaian unsur kubah dalam desain arsitektur bangunan sudah sejak dulu digunakan,  di Indonesia kubah sudah dikenal sejak jaman kerajaan seperti yang terlihat pada stupa Candi Borobudur yang berbentuk menyerupai kubah. Pada saat ini hampir seluruh bangunan Masjid di Indonesia memakai unsur kubah dalam desain arsitekturnya, begitu juga Masjid di negara negara Arab. Pada Masjid penempatan kubah terletak ditengah struktur bangunan yang berfungsi sebagai atap utama. Banyak juga Masjid yang memiliki kubah kecil pada setiap sudut bangunan sebagai penyeimbang kubah utama. Kubah bisa diibaratkan sebagai simbol kemegahan, semakin tinggi dan semakin besar bentuk kubah, maka secara langsung tampilan bangunan secara keseluruhan akan tampak lebih megah dan gagah.

Banyak bahan yang dipakai untuk pembuatan kubah sperti Enamel, Galvalum, plat besi dan plat beton. Semua bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelenihan masing masing. Saat ini bahan yang sering dipakai dalam pembuatan kubah pada Masjid adalah bahan dari Enamel karena sifatnya yang ringan dan cepat dalam pembuatannya. Namun banyak juga Masjid yang menggunakan plat beton sebagai bahan pembuatan kubah. Kubah dari bahan plat beton memiliki kekuatan dan ketahanan yang lama, namun dibutuhkan anggaran yang besar untuk membuat kubah dengan bahan plat beton. Terkadang pembuatan plat beton kubah dilakukan langsung melengkung dari struktur atas bangunan induk, namun bisa juga diatas struktur bangunan induk tersebut diberi struktur baru yang lebih kecil dari luas bangunan untuk penempatan dan sebgai tumpuan pembuatan kubah. Agar lebih terlihat proposional pembuatan plat beton untuk kubah disesuaikan dengan bentuk dan luas bangunan secara keseluruhan.

Banyak bangunan legendaris dan bersejarah yang memakai unsur kubah dalam desain arsitekturnya seperti Gedung Parlemen di Amerika, Gereja Katolik Roma di Italia, Masjid Taj Mahal di India. Sekarang banyak dijumpai rumah tinggal berarsitektur klasik yang memakai unsur kubah, umumnya kubah dalam bangunan dengan arsitektur klasik memakai bahan dari plat beton dengan diberi tumpuan. Dan untuk memperkuat kesan klasik dapat diberi hiasan aksesoris berupa pilar pada tumpuan kubah, ornamen berukir dan alur yang menempel pada badan kubah. Untuk memperkuat kesan megah dan indah pada kubah, di bagian paling ujung atas kubah, dapat diberi mahkota yang juga bisa berfungsi sebagai tempat penangkal petir. Penempatan pembuatan kubah dapat diletakkan ditengah struktur bangunan atau bisa juga agak maju diatas teras atau ruang tamu. Bentuk kubah juga bisa digunakan untuk desain atap sebuah gazebo bergaya klasik dengan bentuk lebih kecil dan ditopang dengan pilar yang bergaya klasik.

 BERIKUT BEBERAPA FOTO DESAIN KUBAH KLASIK :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s