Desain Plafon Kubah Bentuk Oval


Plafon Dome Oval UkirBanyak sekali perkembangan desain plafon yang memiliki bermacam macam model dan bentuk, salah satunya adalah plafon dome oval yang merupakan model desain interior untuk plafon yang memiliki bentuk yang unik seperti telur yang dibelah memanjang. Penerapan desain plafon dome oval dapat memberikan kesan yang indah dan dinamis pada dekorasi ruangan. Model plafon dome oval ada yang bergaya klasik dengan diberi mainan ornament dan alur yang berukir dan ada juga dome oval yang polos. Untuk finishing, dapat dilakukan dengan beberapa pilihan seperti finishing pengecatan wash dengan sentuhan corak warna klasik untuk model plafon dome oval yang berukir, dan untuk finishing pada plafon dome oval polos dapat dilakukan dengan cat lukis atau airbrush. Akan lebih kelihatan indah dan mewah, apabila pada plafon dome oval diberi hiasan lampu gantung yang sebagian bola lampunya menghadap ke atas agar cahaya dari lampu tersebut dapat menyinari motif ukir atau lukisan pada tubuh dome yang sudah di finish. Pemilihan model lampu gantung pada plafon dome oval  juga sangat berperan besar dalam memberikan kesan indah dan elegan.

Selain dari lampu gantung, pencahayaan dari lampu sembunyi juga turut membantu kesan yang indah terhadap plafon dome oval. Penempatan lampu sembunyi bisa di kaki dome yang bercahaya temaram dan pembiasan cahaya dari lampu tersebut memantul ke dalam kurva dome di bagian atas agar kesan indah dan menawan yang bernilai seni terlihat lebih elegan, mewah dan megah. Bisa juga lampu sembunyi ditempatkan pada plafon drop bertingkat atau plafon drop yang menggantung.

Plafon dome oval bisa diterapkan pada semua jenis bangunan yang bergaya klasik maupun minimalis seperti rumah tinggal, hotel atau tempat ibadah. Pada umumnya desain pada plafon dome oval diterapkan pada bangunan tinggi atau bertingkat, seperti pada hotel yang memiliki lobbi yang luas dan tinggi. Pada rumah tinggal bertingkat, plafon dome oval biasa diterapkan pada voide di dalam ruangan. Dan untuk rumah tinggal 1 ( satu ) lantai, desain Plafon dome oval diterapkan pada ruangan “umum” seperti ruang tamu, ruang keluarga dan bahkan dapur atau ruang makan, yang ukurannya menyesuaikan dengan luas dan tinggi ruangan tersebut.

Faktor utama untuk menerapkan plafon dome oval harus menyesuaikan dengan bentuk, luas, tinggi dan fungsi ruangan. Biasanya diterapkan pada ruangan yang memiliki bentuk persegi panjang. Minimal ukuran ruangan harus 3 X 4 meter  dengan ketinggian minimal 3,5 ( tiga koma lima ) meter dari lantai. Bentuk dan ukuran dome oval juga bermacam macam mulai ukuran 2 X 3,5 m sampai 4 X 8 m dengan ketinggian jari jari mulai dari 30 cm sampai 150 cm. Bahan yang dipakai untuk pembuatan plafon klasik dome ukir adalah gypsum  plaster sheet atau bisa juga dengan gypsum plaster board.

 BERIKUT BEBERAPA FOTO PLAFON KUBAH OVAL KLASIK :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s