Pilar Sebagai Simbol Kekuatan Arsitektur Bangunan


Pilar Gapura InteriorDalam desain arsitektur, pilar yang disebut juga tiang berfungsi sebagai penyangga atau penopang kekuatan struktur suatu bangunan. Banyak bahan yang dipakai untuk pembuatan pilar atau tiang mulai bahan dari kayu, besi dan kolom beton, bentuknya ada yang bulat dan juga ada yang kotak. Pemakaian unsur pilar atau tiang sudah ada sejak jaman dulu,  di Indonesia pemakaian pilar atau tiang dapat dijumpai pada rumah adat tradisional seperti rumah Joglo di Jawa, rumah Gadang di Sumatra, rumah Betang di Kalimantan, rumah Gapura Candi Bentar di Bali dan lain lain. Umumnya bahan yang dipakai untuk pembuatan pilar atau tiang pada rumah adat tersebut adalah dari kayu dengan kualitas terbaik yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang lama, bahan pilar dari kayu tersebut biasanya diberi hiasan dengan aksen ukiran.

Pada era penjajahan Belanda, di Indonesia banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur kolonial yang juga memakai unsur pilar atau tiang pada desain arsitekturnya seperti Museum Sejarah Jakarta, Gedung Balai Pemuda di Surabaya, Gedung Sate di Bandung, Gereja Blenduk di Semarang dan masih banyak lagi. Bahan yang dipakai untuk pembuatan pilar atau tiang pada bangunan bergaya kolonial ada yang dari kayu, besi, namun secara umum lebih banyak menggunakan bahan dari kolom beton dengan diberi sentuhan benangan yang beralur dan terdapat kepala pilar atau mahkota, namun cara pembuatannya masih manual dan membutuhkan waktu yang lama.

Dalam perkembangannya, untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam pembuatan pilar, sekarang banyak digunakan bahan pembuatan benangan atau alur pilar dari GRC ( Glassfibre Reinforced Cement ). Benangan atau alur pilar dengan bahan GRC memiliki beberapa bentuk seperti bulat lurus, bulat mengerucut, dan kotak. Secara teknis pemasangan benangan atau alur pilar dengan bahan GRC relatif lebih mudah dan cepat, namun terlebih dahulu harus dibuatkan kolom beton yang memiliki fungsi utama sebagai penyangga atau penopang struktur bangunan, lalu kolom beton tersebut dibungkus dengan alur pilar yang berbahan GRC setelah itu dilakukan pengecoran untuk menyatukan kolom beton dan alur  pilar tersebut. Pembuatan benangan atau alur pilar berbahan GRC juga diikuti ornamen pendukung seperti dudukan pilar, cincin pada kaki pilar dan mahkota yang berukir.

Pilar Gapura EksteriorPilar atau tiang yang berbahan GRC juga memiliki fungsi sebagai aksesoris untuk memperindah tampilan dekorasi bangunan baik eksterior maupun interior terutama pada bangunan dengan desain arsitektur klasik. Fungsi pilar sebagai aksesoris dapat digunakan dalam desain pembuatan gapura dan pagar dengan diberi beberapa aksesoris pendukung lainya seperti listplang, ornamen atau architrave yang juga berbahan GRC. Untuk desain gapura, agar lebih proposional ukuran pilar dapat menyesuaikan dengan lebar dan tinggi gapura , biasanya berukuran sedang dengan diameter antara 30-50 cm. Gapura dengan aksesoris pilar juga dapat digunakan untuk interior bangunan sebagai pembatas atau penyekat antar ruang. Di dalam ruangan, penempatan pilar sebagai aksesoris gapura dapat disesuaikan dengan bentuk denah, seperti pada rumah tinggal bergaya klasik, gapura dapat ditempatkan diantara ruang tamu dan ruang keluarga, atau bisa juga diantara ruang keluarga dan ruang makan. Sebagai aksesoris, pilar dengan bahan GRC juga dapat difungsikan sebagai architrave pada pembuatan desain pagar dengan ukuran yang lebih kecil berdiameter antara 15-25 cm. Pilar juga bisa digunakan sebagai aksesoris dinding pada taman, baik taman eksterior maupun taman interior dengan menggabungkan beberapa aksesoris yang lain seperti listplang, ornamen dan architrave dalam desain dekorasi bangunan bergaya klasik.

Pilar diibaratkan sebagai simbol kekuatan dalam desain arsitektur bangunan klasik. Pemakaian unsur pilar dalam desain bangunan akan memberikan kesan yang gagah, kokoh dan megah terhadap tampilan bangunan secara keseluruhan baik eksterior maupun interior.

 

BERIKUT BEBERAPA FOTO PILAR AKSESORIS EKSTERIOR & INTERIOR KLASIK :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s