Pagar Hias Dan Pintu Gerbang Klasik Yang Artistik


Pilar Gapura EksteriorDalam suatu konstruksi bangunan rumah tinggal, pagar yang terletak di depan bangunan yang berbatasan langsung dengan jalan atau saluran air di sebut pagar hias. Untuk rumah tinggal mewah yang berukuran besar, pembuatan pagar hias disertai dengan pembuatan pintu gerbang yang menyatu dengan gapura. Selain sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan bangunan, pagar hias dan pintu gerbang  juga berfungsi sebagai batas ukuran tanah atau batas sempadan yang sesuai dengan ukuran yang tertera di sertifikat. Dan yang paling penting, fungsi pagar hias dan pintu gerbang adalah sebagai sarana keamanan dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab agar tidak mudah masuk ke dalam bangunan induk.

Faktor lingkungan dan keamanan sangat mempengaruhi dalam pembuatan pagar hias dan pintu gerbang. Untuk rumah tinggal di lingkungan yang ramai seperti di pinggir jalan raya, pagar hias dan pintu gerbang di buat lebih tinggi dan agak tertutup. Sedangkan di perumahan elite dengan sistem keamanan yang ketat, pagar hias dan pintu gerbang biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih rendah dan bahkan ada yang tidak memakai pagar hias atau pintu gerbang sama sekali. Model atau bentuk pagar hias dan pintu gerbang menyesuaikan dengan bentuk bangunan, ada yang model minimalis dan ada yang model klasik. Khusus untuk pintu gerbang baik model minimalis maupun klasik, kebanyakan yang sering dijumpai adalah model kembar yang disebut juga dengan model pintu “ kupu tarung “.

Banyak pilihan bahan untuk membuat desain pagar hias dan pintu gerbang untuk rumah tinggal, jaman dulu kebanyakan orang  membuat pagar hias dan pintu gerbang dari bahan kayu atau hanya sekedar bahan dari dinding batu bata untuk pagarnya yang dibuat lebih rendah dan diberi aksen benangan, untuk pintu gerbangnya berbahan kayu atau besi, hal ini sering dijumpai pada rumah tinggal di daerah pedesaan karena dari segi biaya terbilang lebih murah. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang bahan dalam membuat pagar hias dan pintu gerbang sangat beragam dan harganya juga bervariasi. Pilihan bahan mulai dari besi hollo, besi firkan, besi ulir, pipa besi, plat besi, stainless, kawat baja,  allumunium dan lain lain. Bahan bahan tersebut bisa di bentuk sesuai dengan desain yang diinginkan.

Desain Pagar Hias Dan Pintu Gerbang Klasik

Pada rumah tinggal yang bergaya klasik, desain pagar hias dan pintu gerbang juga mengikuti gaya klasik, hal ini untuk mempertegas tampilan klasik bangunan secara keseluruhan  agar semakin megah. Desain pagar hias dan pintu gerbang klasik merupakan desain paling indah, mewah dan juga paling mahal dari segi biaya karena membutuhkan banyak bahan dan aksesoris sebagai pemanis agar pagar hias dan pintu gerbang kelihatan lebih artistik. Bahan yang dipakai untuk desain pagar hias dan pintu gerbang klasik adalah besi hollo, besi firkan, besi ulir, ukiran dan ornamen dari besi cor tempa, bisa juga dipadukan dengan bahan stainless atau plat besi. Dan untuk pekerjaan dalam membuat pagar hias dan pintu gerbang klasik membutuhkan waktu yang agak lama karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan ketelitian.

Banyak faktor dan unsur pendukung untuk membuat desain pagar hias dan pintu gerbang klasik, seperti pembuatan tempat untuk peletakan pagar dan pembuatan gapura untuk peletakan pintu gerbang. Pembuatan tempat untuk pagar hias bisa di beri pasangan batu bata yang diberi aksen ukiran dan ornamen dari bahan GRC, atau bisa juga diberi pilar yang berukuran kecil. Begitu juga pembuatan gapura untuk tempat pintu gerbang, kebanyakan yang sering dijumpai gapura sering memakai unsur pilar dan listplang untuk menonjolkan sisi klasiknya. Pembuatan gapura bisa memakai sistem satu pintu atau dua pintu yang menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran lebar bangunan.

BERIKUT BEBERAPA CONTOH HASIL PEKERJAAN PAGAR HIAS & PINTU GERBANG KLASIK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s