Tehnik Pengecatan Wash Yang Artistik


Dalam pekerjaan bangunan atau rumah tinggal, pengecatan merupakan pekerjaan tahap akhir atau finishing. Pekerjaan pengecatan ini meliputi seluruh bangunan atau rumah tinggal seperti dinding eksterior, dinding interior dan plafon atau langit langit. Dengan dilakukan pengecatan, bangunan atau rumah tinggal akan nampak lebih cantik dengan warna warna yang disesuaikan dengan gaya bangunan dan selera penghuni. Pemilihan warna cat disesuaikan dengan bentuk dan gaya bangunan, untuk bangunan yang bergaya minimalis modern dapat dipilih warna warna yang cerah seperti biru muda, merah muda, kuning, orange dan warna warna cerah lainya. Dan untuk bangunan yang bergaya klasik pemilihan warna cenderung gelap yang lebih natural.

Jenis pengecatan untuk rumah tinggal atau bangunan ada beberapa macam seperti :

  1. Jenis cat warna polos yang merupakan cat standar yang umum dipakai sebagai finishing pada setiap bangunan atau rumah tinggal. Cara mengerjakan sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Dipasaran banyak sekali merk untuk jenis cat polos ini dengan pilihan warna dan harga yang bervariasi. Jenis pengecatan ini bisa diterapkan pada segala jenis bentuk dan gaya bangunan baik yang bergaya minimalis atau klasik.
  2. Jenis cat lukis yang merupakan jenis pengecatan yang rumit dan cara mengerjakan membutuhkan ketrampilan khusus, karena jenis pengecatan ini erat hubunganya dengan seni dan kreativitas. Tidak semua orang bisa mengerjakan pengecatan lukis. Membutuhkan waktu yang lama dalam membuat motif dari cat lukis dan harganya pun juga mahal tapi dengan hasil yang maksimal tergantung dari merk cat yang dipakai. Pada bangunan atau rumah tinggal, cat lukis biasanya diterapkan pada area atau ruangan tertentu seperti dinding taman dan plafon. Sama seperti cat polos, jenis pengecatan ini bisa diterapkan pada segala jenis bentuk dan gaya bangunan baik yang bergaya minimalis atau klasik.
  3. Jenis pengecatan wash merupakan jenis pengecatan yang gampang gampang susah namun lebih gampang dari cat lukis. Sama seperti cat lukis, cat wash juga membutuhkan ketrampilan dan kreativitas dalam mengerjakannya dan juga erat hubungannya dengan seni. Pengecatan wash secara khusus, adalah tehnik pengecatan efek untuk menonjolkan bidang atau profil agar lebih terlihat jelas. Secara umum yang banyak dijumpai, tehnik pengecatan wash biasanya diterapkan pada eksterior dan interior rumah tinggal atau bangunan yang bergaya klasik. Karena bangunan yang bergaya klasik identik dengan mainan profil, ornamen atau ukiran, sehingga dengan tehnik pengecatan wash, setiap detail dari profil profil tersebut dapat lebih terekspos dan lebih jelas terlihat. Untuk interior rumah tinggal bergaya klasik, pengecatan wash biasa diterapkan pada plafon yang berbahan gypsum, sedangkan untuk dinding interior, pengecatan wash hanya diterapkan pada area atau ruangan tertentu, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk eksterior terutama tampak depan, pengecatan wash diterapkan secara menyeluruh.

Tahapan Dalam Mengerjakan Tehnik Pengecatan Wash

Dalam pengerjaan cat wash, ada beberapa tahapan pengecatan yang dilakukan agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Tahap pertama adalah melapisi permukaan atau bidang dengan cat dasar terlebih dahulu sampai bidang benar benar merata, biasanya sampai 2 lapis. Fungsi cat dasar ini sebagai background untuk motif efek dan juga sebagai penahan rembesan air. Untuk bidang atau permukaan yang ada di luar ruangan atauĀ  eksterior sebelum di cat dasar, terlebih dahulu permukaan atau bidang tersebut dilapisi dengan waterproofing agar cat wash lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas apabila terkena air hujan atau paparan sinar matahari.

Tahap kedua adalah pengecatan motif efek warna dan merupakan tahap utama dari tehnik pengecatan wash karena berhubungan dengan kreativitas dan seni. Dalam tahap kedua ini bisa ditentukan ide untuk membuat motif efek. Banyak motif efek yang bisa dibuat dalam tehnik pengecatan wash, seperti motif efek serat kayu, motif efek serat marmer maupun motif efek yang berupa abstrak. Warna yang sering digunakan dalam pembuatan motif efek biasanya agak gelap yang dominan dengan warna coklat. Untuk lebih menonjolkan detail profil bidang yang sudah di efek dapat diberi sapuan warna emas atau perak.

Tahap terakhir dari tehnik pengecatan wash adalah melapisi motif efek dan warna dengan koting atau cat finish clear, bertujuan melindungi agar motif efek dan warna dari cat wash tidak pudar dan lebih tahan lama. Untuk interior menggunakan koting jenis gloss atau yang mengkilat dan untuk eksterior menggunakan jenis doff.

Dengan pengerjaan yang tepat, tehnik pengecatan wash ini akan mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadikan bangunan atau rumah tinggal lebih artistic terutama bangunan yang bergaya klasik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s